Es Tawon, Es Kacang Ijo yang Melegenda



JELAJAH KULINER - Namanya Es Tawon Kidul Dalem. Bukan berarti warung itu menjual menu es yang berbahan tawon. Bandar Domino Online

Warung yang berada di Jalan Zainul Arifin nomor 35, Kidul Dalem, Kota Malang itu menjual menu es berbahan dasar kacang hijau. 

Nama es tawon muncul karena dulu di tempat itu berdiri pohon asam yang ada sarang tawonnya. Para pembeli yang sering datang ke tempat itu lalu menyebutnya dengan nama es tawon. Dan Kidul Dalem menunjukkan tempat warung itu berada. 

Warung itu termasuk salah satunya warung es yang legendaris di Kota Malang. Berdiri semenjak tahun 1955, warung itu bertahan sampai saat ini. 

Yamina adalah yang pertama kali berjualan es kacang ijo dengan beragam varian rasa. Pada tahun 1996, Yamina berhenti berjualan karena faktor usia dan diteruskan oleh menantunya, Sri Utami (56). Pada 2001, Yamina meninggal dengan mewariskan es tawon yang telah banyak peminatnya. 

" Ibu sudah tua, aku yang meneruskan. Jadi resepnya harus tetap. Tidak bisa dimacam-macam, " kata Sri Utami, Rabu (25/7/2018). 

Sri Utami mengatakan, menu minuman yang di sediakan sejak dulu merupakan es kacang ijo campur, es kacang ijo alpukat, bubur kacang ijo, dan es kacang ijo ketan item. Waktu itu, ibu mertuanya berjualan di teras rumahnya. Sementara di samping rumahnya ada pohon asam yang menjadi cikal bakal penamaan es tawon. Akan tetapi pada tahun 1999, pohon asam itu dipotong. Judi Poker Online

" Dulu ada pohon asam, tahun 1970-an ada tawonnya. Karena lokasinya ada tawonnya disebut es tawon, " tuturnya.  

Sekarang ini, menu es yang disediakannya masih tetap sama. Resep, takaran serta wadah yang diberikan juga masih tetap sama. Setiap gelas dibanderol dengan harga Rp 8. 000. Peminatnya pun masih cukup banyak. Dalam satu hari yaitu buka jam 8. 00 WIB sampai tutup pada jam 13. 30 WIB, Sri Utami bisa menjual sampai 80 gelas. 

" 80 gelas /hari. Ada yang dibungkus. Tambah sekarang ada gofood, " katanya. 

Ibu tiga anak itu berharap jualannya tidak tutup karena merupakan salah satunya warung yang legendaris di Kota Malang. Ia mengaku telah mempersiapkan anak pertamanya untuk melanjutkan jualannya itu. 

" Aku telah mempersiapkan penerus, anak aku yang pertama, " tuturnya. Riyani (25) salah satu pembeli mengaku merasakan sensasi yang unik. Karena jarang ada menu es kajang ijo dengan varian rasa. 

" Rasanya segar karena tidak pakai pemanis buatan. Rasanya juga unik karena pakai kacang hijau yang ada campurannya, " tuturnya. Agen Domino Terpercaya




Agen Poker Dan Agen DominoQQ Terpercaya Indonesia
Tersedia 7 permainan popular untuk anda mainkan : AduQ, Bandar Poker, BandarQ, Capsa Susun, Domino 99

Poker dan Sakong.
Support Bank Lokal Indonesia (BCA, BRI, BNI, Mandiri, Danamon) Proses Deposit dan Withdraw Super Cepat!!

* Bonus Turnover Mingguan 0,5%
* Bonus Referal 20%

Minimal Deposit Rp 20.000| Minimal Withdraw Rp 20.000
* LIVECHAT : Hitsbandar.com | Agen Poker | Agen Domino | Poker Online Terpercaya
* YM : HITSQQ
* BBM : 7A96E4DA
* LINE : hits99 

Comments

Popular posts from this blog

5 Jenis Makanan Ini Diyakini Bawa Hoki di Tahun Baru

5 Kota Ini Punya Kulinernya Paling Mahal di Dunia

Kue-kue Terlezat yang Telah Diakui Dunia, Dari Mana Saja?