Sup Sirip Ikan Hiu, Kuliner Berkelas sejak Masa Kekaisaran China



JELAJAH KULINER - Sup sirip ikan hiu biasa diketahui sebagai hidangan untuk merayakan Imlek. Sup dengan kuah kaldu yang biasa diketahui dengan sebutan " Sup Hisit " itu disajikan juga bersama dengan asparagus hingga udang. Bandar Domino Online

Ternyata, sup sirip ikan hiu mempunyai cerita yang berasal dari negeri asalnya sejak ratusan tahun yang lalu. Tepatnya, sup sirip ikan hiu bermula dari dinasti Zhou. 

" Peristiwa di Tiongkok banyak kerajaan-kerajaan. Sesungguhnya sejarah ini ditarik balik ke dinasti Zhou, Song, dan Ming, " kata Kepala Studi dan Penelitian Budaya Asosiasi Peranakan Tionghoa Indonesia Aji " Chen " Bromokusumo dalam acara Diskusi Terbuka " Menghilangkan Hiu dari Menu " di Jakarta. 

Pada masa-masa kerajaan China, sup sirip ikan hiu merupakan salah satu hasil olahan yang sering disajikan. Pada masa itu, orang kaya di China ingin menunjukkan gengsi dari jabatan yang diembannya. 

" Secara budaya, tidak ada arti khusus (dari sajian sup sirip ikan hiu). Secara kesehatan, tidak ada manfaat khusus. Karena bagi yang mampu beli serta makan kala itu cuma kaisar. Ini telah ada ratusan tahun yang lalu, " jelas Chen. Judi Poker Online

Ia mengatakan, dulu ada anggapan pada sajian makanan mencerminkan status sosial. Sirip ikan hiu sendiri merupakan barang yang langka pada masa itu. 

" Semakin langka ikannya, semakin menunjukkan status sosialnya, " tambahnya. Imlek sendiri erat hubungannya dengan nilai-nilai syukur atas kekayaan, panjang umur, serta kesuksesan. Hasil yang didapatkan selama tahun disyukuri melalui bentuk makanan dari tiga unsur, yaitu air, udara, dan darat. 

" Ucapan syukur dalam Imlek ada tiga. Mewakili darat, laut, dan udara. Darat itu ada menu babi, laut itu ikan, serta udara itu ayam dan itik, " kata Chen. 

Hidangan dengan bahan utama dari ikan hiu mempunyai beberapa akibat yang membahayakan tubuh manusia. Bahaya itu berasal dari kandungan merkuri yang ada pada ikan hiu. 

" Kalau dari segi kesehatan, itu telah banyak rilis dari IPB (Institut Pertanian Bogor) dan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Memang merkuri ini dampaknya tidak satu dua tahun, namun akan pasti kelihatan, " jelas Koordinator Konservasi Ikan Hiu dari Lembaga World Fund Indonesia Dwi Ariyoga Gautama. 

Yoga menyampaikan, merkuri dapat mengakibatkan kelainan saraf untuk pengonsumsi ikan hiu. Pada ibu hamil, lanjutnya, bayi kemungkinan dapat mengalami kelainan saat lahir.  Agen Domino Terpercaya




Agen Poker Dan Agen DominoQQ Terpercaya Indonesia
Tersedia 7 permainan popular untuk anda mainkan : AduQ, Bandar Poker, BandarQ, Capsa Susun, Domino 99

Poker dan Sakong.
Support Bank Lokal Indonesia (BCA, BRI, BNI, Mandiri, Danamon) Proses Deposit dan Withdraw Super Cepat!!

* Bonus Turnover Mingguan 0,5%
* Bonus Referal 20%

Minimal Deposit Rp 20.000| Minimal Withdraw Rp 20.000
* LIVECHAT : Hitsbandar.com | Agen Poker | Agen Domino | Poker Online Terpercaya
* YM : HITSQQ
* BBM : 7A96E4DA
* LINE : hits99 

Comments

Popular posts from this blog

5 Jenis Makanan Ini Diyakini Bawa Hoki di Tahun Baru

5 Kota Ini Punya Kulinernya Paling Mahal di Dunia

Kue-kue Terlezat yang Telah Diakui Dunia, Dari Mana Saja?