Besengek, Kuliner Langka Khas Wonogiri



JELAJAH KULINER - Wonogiri mempunyai cukup banyak kuliner tradisional, seperti thiwul, cabuk, sampai besengek. Besengek adalah makanan khas Wonogiri yang berasal dari daerah Manyaran. Makanan ini termasuk cukup langka. Bandar Domino Online

Untuk menemukan serta mencicipinya, Anda dapat menyambangi Pasar Manyaran yang digelar pada hari pasaran (kliwon, pahing, pon), dan Pasar Dhoplang di Wonogiri. 

Pasar Dhoplang adalah pasar yang khusus menjual makanan-makanan "jadul", terutama makanan khas Wonogiri. Pasar ini cuma digelar setiap Minggu pagi di daerah Pandan, Slogoimo. Makanan tersebut terbuat dari tempe mlanding sama cabai hijau kadangkala ditambah dengan kulit melinjo. 

Besengek mempunyai rasa yang gurih, dengan aroma ketumbar yang kuat. Makanan ini memakai bunga melinjo. 

Besengek sendiri sebenarnya juga ada di wilayah Sunda. Namun, Besengek daerah Sunda adalah masakan dengan bahan utama cabai hijau yang kemudian di campur dengan berbagai bumbu. 

Lain tempat, lain masakan. Besengek di daerah Wonogiri selalu identik dengan tempe melanding atau tempe yang terbuat dari petai cina. 

Sekilas, bentuk besengek mirip dengan tempe terik (tempe bersantan). Umumnya Besengek disajikan diatas daun pisang. Agen Poker Online Terpercaya

Pembuatan Besengek sebetulnya cukup gampang. Cara memasak tempe ini ialah mencampurkan tempe dengan bumbu cabe rawit, sedikit bawang putih, bawang merah, ketumbar, tempe busuk, kemiri, gula merah, garam, salam, serta laos yang telah dihaluskan. 

Lalu tempe di masak dengan ditambah parutan kelapa muda, cabe hijau, serta kunyit. Tunggu sampai tempe cukup kering, baru diangkat. 

Nah, jika Anda ingin menikmati Besengek tanpa perlu repot membuatnya sendiri, Anda dapat datang ke Wonogiri dengan mengunjungi Pasar Dhoplang tiap hari Minggu pukul 06.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB. 


Agen Poker Dan Agen DominoQQ Terpercaya Indonesia

Tersedia  8 permainan yang sangat populer untuk Anda mainkan hanya dengan 1 ID , yaitu: AduQ, Bandar Poker, BandarQ, Capsa Susun, Domino99 ,Sakong dan Bandar66.

Support Bank Lokal Indonesia (BCA, BRI, BNI, MANDIRI, DANAMON)

PROSES DEPOSIT DAN WITHDRAW SUPER CEPAT DAN AMAN!!!

BONUS KAMI PALING BESAR!
*BONUS TURNOVER MINGGUAN 0.5% (Dibagikan Setiap Senin dan Jumat)
*BONUS REFERAL SEBESAR 20%

Minimal Deposit Rp.20.000| Minimal Withdraw Rp.20.000

Hubungi Kami di :

LINK ALTERNATIF: 

| Agen Poker | Agen Domino | Poker Online Terpercaya| Agen Judi Online
LINE : hits99
* YM : HITSQQ
* BBM : 7A96E4DA
*WA : +85511813832

Comments

Popular posts from this blog

5 Jenis Makanan Ini Diyakini Bawa Hoki di Tahun Baru

5 Kota Ini Punya Kulinernya Paling Mahal di Dunia

Kue-kue Terlezat yang Telah Diakui Dunia, Dari Mana Saja?