Sate Maranggi Khas Purwakarta, Dulunya Dibuat dari Daging Babi



JELAJAH KULINER - Banyak orang yang jatuh hati akan kelezatan Sate Maranggi khas Purwakarta. Sate Maranggi juga ikut dan di World Street Food Congress, Filipina, serta jadi salah satu dari delapan jajanan kaki lima favorite dunia versi CNN. Bandar Domino Online

Keistimewaan Sate Maranggi memang tidak diragukan. Sate ini mempunyai citarasa yang begitu kuat karena bumbu rendaman yang digunakan sebelum sate dibakar. 

Sehingga tidak perlu di dukung dengan saus kacang sebagai siraman. Lalu bagaimana asal usul Sate Maranggi? Tidak banyak orang yang tahu, bila Sate Maranggi ternyata mempunyai sejarah panjang yang menarik untuk disimak sebab mempunyai akulturasi dari unsur budaya, agama, dan geopolitik. 

Menurut Chef Haryo Pramoe, Sate Maranggi merupakan hasil asimilasi dengan budaya China. Haryo sendiri terkenal sebagai koki yang mendalami kuliner Indonesia dan pendiri Indonesian Food Channel. 

Dia menuturkan Sate Maranggi sebenarnya berasal dari para pendatang dataran China yang menetap ke Indonesia khususnya di daerah Jawa Barat atau para pendatang yang hidup di tengah-tengah masyarakat Sunda. 

Oleh sebab itu, lanjutnya, awalnya Sate Maranggi sebetulnya bukan terbuat dari daging sapi atau kambing seperti saat ini, tetapi dibuat dari daging babi. 

Salah satu indikasi Sate Maranggi berasal dari China karena bumbu rempah yang dipakai Sate Maranggi sama persis dengan dendeng babi serta dendeng ayam yang di jual di Hongkong, China, serta Taiwan. Kemudian Sate Maranggi bertransformasi. 

"Terjadi asimilasi, dimana terjadi perkembangan budaya. Ajaran Islam masuk, banyak penduduk yang belajar Islam serta menjadi mualaf, dijelaskan jika babi haram lalu menjadi daging sapi. Ini merupakan bentuk perkembangan kebudayaan," ungkap Chef Haryo yang pernah memasak Sate Maranggi di World Halal Food Festival di Ning Xia, China tahun 2014. Agen Poker Online Terpercaya

Tidak hanya Sate Maranggi, Chef Haryo serta para peneliti dan penulis buku mengatakan jika sebenarnya banyak resep makanan di Indonesia yang menyerap resep masakan China. Makanan-makanan ini aslinya memakai daging babi. 

"Ada bakso, bakpao, bakmi, kata 'ba' sebenarnya berasal dari kata babi. Makanan itu sebenarnya begitu gampang menyerap dalam suatu budaya. Tapi sesuai perkembangan serta ajaran agama Islam yang kuat di Indonesia, makanan menyesuaikan. Urusan klaim mengklaim makanan itu sebenarnya sudah berunsur geopolitik," papar chef sosoknya tidak asing di layar televisi. 


Agen Poker Dan Agen DominoQQ Terpercaya Indonesia

Tersedia  8 permainan yang sangat populer untuk Anda mainkan hanya dengan 1 ID , yaitu: AduQ, Bandar Poker, BandarQ, Capsa Susun, Domino99 ,Sakong dan Bandar66.

Support Bank Lokal Indonesia (BCA, BRI, BNI, MANDIRI, DANAMON)

PROSES DEPOSIT DAN WITHDRAW SUPER CEPAT DAN AMAN!!!

BONUS KAMI PALING BESAR!
*BONUS TURNOVER MINGGUAN 0.5% (Dibagikan Setiap Senin dan Jumat)
*BONUS REFERAL SEBESAR 20%

Minimal Deposit Rp.20.000| Minimal Withdraw Rp.20.000

Hubungi Kami di :

LINK ALTERNATIF: 

| Agen Poker | Agen Domino | Poker Online Terpercaya| Agen Judi Online
LINE : hits99
* YM : HITSQQ
* BBM : 7A96E4DA
*WA : +85511813832

Comments

Popular posts from this blog

5 Jenis Makanan Ini Diyakini Bawa Hoki di Tahun Baru

5 Kota Ini Punya Kulinernya Paling Mahal di Dunia

Kue-kue Terlezat yang Telah Diakui Dunia, Dari Mana Saja?